Menentukan Keyword untuk Google Ads Berdasarkan 3 Tipe Pengguna Google

internet-user

Keyword adalah fondasi kesuksesan dari Kampanye Google Adwords. Anda harus mengetahui keyword yang relevan dengan apa yang diketik pencari informasi agar iklan Anda dapat muncul. Memilih keyword-keyword yang tepat adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk beriklan dengan Google Adwords.

Bayangkan pelanggan ideal Anda dan keyword yang kemungkinan besar mereka ketik di Google. Tulis semua kemungkinan keyword-keyword yang akan diketik oleh calon pelanggan potensial Anda.

Pencari informasi di internet dapat dikategorikan ke dalam 3 tipe sbb:

  1. Browsers adalah orang yang mencari informasi secara umum. Biasanya akan sulit mengerti apa yang sebenarnya dicari orang ini. Seseorang mungkin melakukan riset untuk karya tulis. Orang lainnya mungkin melakukan pencarian untuk mengisi waktu luang ketika menunggu bis. Mayoritas dari kelompok ini tentunya belum siap untuk melakukan transaksi pembelian dan mungkin tidak akan pernah siap.
  2. Shoppers adalah orang yang tertarik dengan produk Anda tetapi masih dalam tahap pencarian informasi lebih lanjut seperti membandingkan harga atau mencari informasi review produk. Sebagian dari kelompok ini akan menjadi siap untuk melakukan pembelian dalam jangka waktu hari atau jam. Sebagian lainnya mungkin akan siap dalam hitungan minggu atau bulan, ataupun tidak jadi membeli.
  3. Buyers adalah orang yang sudah tahu persis apa yang mereka butuhkan dan hanya perlu untuk menemukan penjual dan penawaran yang tepat agar mereka dapat segera melakukan transaksi pembelian.

Tentunya semakin spesifik kata kunci yang digunakan dalam pencarian, maka mereka semakin dekat ke dalam kelompok Buyer. Sebagai contoh, apabila seseorang dari masing-masing kelompok mencari TV, maka: Browser akan mencari keyword yang terdiri dari satu atau dua kata tanpa keterangan tambahan: TV, televisi, TV LCD, TV 3D.

Shopper akan sedikit lebih spesifik dan menggunakan informasi tambahan untuk menemukan website yang memberikan informasi lebih mendalam seperti: review TV Samsung, TV Samsung paling murah, Samsung 42″, perbandingan TV Samsung.

Buyer tentunya akan sangat spesifik, dan akan menggunakan hasil pencarian sebelumnya untuk melakukan pencarian kembali dengan keyword yang semakin spesifik seperti: beli TV Samsung 42″, pesan TV Samsung 42″, TV Samsung UE33F6600 beli, TV Samsung UE33F6600 harga paling murah.

Jika Anda baru saja memulai kampanye Adwords Anda dan budget merupakan concern terbesar Anda, maka sebaiknya Anda hanya menargetkan iklan Google Adwords Anda kepada kelompok Buyer. Kelompok Buyer adalah yang paling mudah dikonversi menjadi pelanggan bisnis Anda.

Seiring bertambahnya pengalaman Anda, maka Anda dapat mencoba untuk memunculkan iklan Anda kepada kelompok Shopper maupun Browser. Oleh karena itu, review kembali list keyword Anda dan fokuskan hanya kepada keyword dari kelompok Buyer untuk kampanye Google Adwords Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s