22 Tips dan Checklist Marketing untuk Startup/Website Baru

startup-business-online-marketing-checklist-700x340Bagi Anda yang hendak atau sedang memulai website atau startup baru, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam beberapa minggu ke depan:

  1. Pilih nama startup/website yang simpel, mudah diingat, dan tidak ambigu. Prioritaskan untuk menggunakan domain “.com”. Meskipun, tidak ada website pada domain tersebut, tidak berarti domain tersebut dapat langsung Anda gunakan.
  2. Buat dan online-kan website Anda secepatnya. Jangan kuatir dengan konten yang masih sedikit karena belum ada juga orang yang akan melihatnya. Hanya isi dengan konten secukupnya agar Google dapat mengindeks dan memulai hitungan umur website Anda.
  3. Usahakan Anda memiliki Content Management System (CMS) yang memadai. Dengan adanya CMS, Anda dapat secara mudah membuat dan melakukan perubahan terhadap konten website Anda. Meskipun Anda menguasai HTML sekalipun, percayalah fitur CMS ini akan sangat berguna nantinya.
  4. Buat link ke website Anda. Jika Anda memiliki website personal, buat link dari website personal Anda ke website baru Anda. Misal, dengan memberikan link website baru Anda di artikel, profil, menu, dsb. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan otoritas dan trust dari Google terhadap domain baru Anda.
  5. Buat akun Twitter. Nama akun idealnya sama dengan nama domain/perusahaan Anda. Link akun Twitter Anda dari website Anda dan link website Anda dari akun Twitter Anda. Seandainya Anda skeptis dengan penggunaan Twitter, pastikan Anda tetap membuat akun ini.
  6. Buat form bagi pengunjung untuk mendaftar email subscription.
  7. Buat Logo yang bagus. Namun, jangan terobsesi dengan logo dan jangan menghabiskan banyak uang untuk logo perusahaan/website Anda. Buat logo yang simple, semakin simple semakin baik.
  8. Buat Facebook Page untuk bisnis/website Anda. Tentunya Anda tidak akan memiliki banyak fans di awal memulai. Isi deskripsi dari bisnis Anda dan buat link menuju website Anda.
  9. Sederhanakan URL Facebook Page Anda. Sekarang Facebook memungkinkan Anda menggunakan URL kustom bagi FB Page Anda. Anda dapat membuat URL seperti http://facebook.com/startupanda (dibandingkan menggunakan URL defaut yang acak dan panjang). Anda juga mungkin membuat subdomain di website Anda, misal facebook.startupanda.com dan redirect subdomain ini menuju Facebook Page Anda.
  10. Buat Blog untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan platform blog seperti WordPress atau Blogger, tetapi jangan menggunakan domain/free hosting mereka. Host blog ada di subdomain website Anda, misal blog.startupanda.com atau startupanda.com/blog. Jangan hosting blog Anda dengan domain startupanda.wordpress.com, karena Anda menggunakan blog ini untuk meningkatkan otoritas website Anda, bukan website WordPress. Selain itu, Anda juga ingin mengelola dan mengatur semua aspek SEO atas blog ini.
  11. Tulis artikel untuk blog Anda. Tulis mengenai apa yang menjadi passion Anda. Apa yang membuat bisnis Anda berbeda? Mengapa Anda memulai bisnis ini? Tuliskan mengenai pelanggan favorit Anda. Menulis mungkin tidak mudah bagi Anda, tetapi semakin lama Anda akan semakin baik. Terus paksa diri Anda untuk menulis.
  12. Daftar Google Alerts. Buat lansiran setidaknya mengenai brand/nama perusahaan Anda, website address Anda, kata kunci dalam industri Anda, dan mungkin brand/nama kompetitor Anda. Ubah setting seberapa sering menjadi “As It Happens/Ketika Terjadi” sehingga Anda dapat segera tahu saat ada alert baru.
  13. Cari 3 kompetitor terdekat Anda. Bayangkan ada orang yang membayar Anda sebesar Rp.100 juta untuk mencari informasi mengenai kompetitor Anda. Cari informasi kompetitor Anda secara giat. Setelah itu, cari 3 kompetitor lagi. Dari 6 kompetitor, tentukan dua kompetitor yang memiliki aktivitas marketing terbaik. Track dan pelajari kedua kompetior ini. Masukkan nama bisnis dan website mereka ke dalam Google Alerts Anda.
  14. Update profil LinkedIn Anda. Tuliskan nama website Anda dan tambahkan link menuju website baru Anda. Tuliskan juga beberapa kalimat untuk menjelaskan website baru Anda.
  15. Cari akun Twitter yang relevan dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam industri Anda. Mulai ikuti akun mereka dan mulai membangun hubungan baik dengan mereka.
  16. Cari blogger yang menulis topik-topik yang sama dengan Anda. Subscribe blog mereka, dan baca tulisan mereka secara berkala. Tinggalkan komentar yang bermutu dan berpartisipasi dalam percakapan yang terjadi. Jangan melakukan spam atau menulis komentar yang tidak perlu. Apabila Anda tidak memiliki hal berguna yang dapat disampaikan, maka tidak perlu memberikan komentar.
  17. Cek nilai website Anda dengan Website Grader. Kemudian perbaiki error yang ditemukan. Anda setidaknya akan memiliki nilai di atas 50 dengan mengikuti saran yang diberikan. Target Anda dalam 6 bulan pertama adalah mendapatkan nilai 80+.
  18. Install Google Analytics. Anda perlu untuk segera melacak trafik pengunjung website Anda. Dari mana pengunjung Anda berasal? Kemana mereka pergi? Apa keywords yang mereka gunakan? Dsb.
  19. Tanggapi komentar di blog atau akun media sosial Anda.
  20. Promosikan promotor Anda. Ketika seseorang membuat link ke website Anda atau menulis tentang Anda di blog mereka, bantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak trafik. Posting di media sosial Anda mengenai tulisan/website mereka. Bantu orang yang telah membantu Anda. Orang lain mungkin menyadari kepribadian Anda dan menjadi lebih berminat untuk menulis tentang Anda.
  21. Buat akun YouTube untuk bisnis Anda. Buat dan posting video atau screencast. Screencast adalah merekam aktivitas yang terjadi dalam monitor Anda. Anda juga dapat merekam suara Anda sebagai narasi. Buat rekaman sederhana mengenai “how-to” yang relevan dengan industri Anda. Upload ke akun YouTube Anda. Tulis artikel untuk menjelaskan materi dalam video Anda dan embed video ini di dalam artikel Anda.
  22. Buat daftar semua orang berpengaruh dalam industri Anda. Tuliskan daftar ini menjadi sebuah blog post. Contoh: “17 Digital Marketer Indonesia yang Menginspirasi Saya”. Buat daftar Anda dan jelaskan mengapa mereka menginspirasi Anda atau apa yang telah mereka hasilkan. Link nama mereka ke website/akun media sosial mereka. Link ini membantu untuk pembaca artikel Anda dan memungkinkan orang yang Anda mention menyadari dan mengunjungi website Anda.

Demikian 22 Tips dan Checklist bagi Anda yang baru memulai startup/website Anda. Silahkan tulis di kolom komentar apabila ingin menambahkan ide seperti di atas atau pun pertanyaan terhadap tips di atas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s